Laman

Rabu, 02 Maret 2016

Gempa dan Kota Padang (1)

Gambar dari beritasatu.com
Warga kota padang baru saja mendapat kejutan dari alam pas jam shalat isya tadi (2/2/2016). Gempa dengan ukuran 7,8 SR mengguncang kota Padang. pusat gempa 600san km arah barat pulau mentawai dengan kedalaman 10 km, itu info dari BMKG. Getaran gempanya terasa samapi ke Gunung Medan, Dharmasraya tempat domisili saya sekarang.

Saya duduk-duduk nonton tv saat gempa terjadi. awalnya saya merasakan adanya goyangan-goyangan kecil di kursi tempat saya duduk. persangkaan pertama saya itu cuma gejala denyutan nadi saya di bagian bok*ng. tak lama kemudian ada agi gejala yang sama dan saya masih belum sadar kalau itu gempa, masalahnya hanya terasa seperti denyutan denyutan kecil saja di bagian bok*ng. Tak lama kemudian kakak saya bertanya. "ada gempa ya?". ternyata dia merasakan hal yang sama dan akhir nya saya baru ngeh kalau itu memang gempa. belum percaya juga saya pastikan dengan melihat kabel yang tergantung di langit-langit, ternyata kabel itu bergoyang sedikit sisa dari gempa tadi.

Saya sempat juga tinggal di Padang selama 6 tahun lebih kurang. selama tinggal di padang sudah beberapa kali saya merasakan gempa beserta dengan efek yang ditimbulkan oleh pergeseran kerak bumi tersebut. karena memang gempa yang terjadi kebanyakan disebabkan pergeseran lempeng bumi di laut maupun di darat.

Kejadian gempa yang berpusat di arah barat mentawai barusan melempar saya ke memori beberapa tahun lalu yang pernah saya alami menyangkut gempa ketika masih menetap di kota padang. Sampai-sampai salah satu kejadian gempa melahirkan sebuah puisi sebagai ungkapan secuil kepanikan kala itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar