Laman

Minggu, 16 November 2014

Motor 90an kontra 2010an

Kali ni saya mau ngomong soal otomotif, meski begrond saya bukan orang otomotif. tapi kalo soal mesin ngerto dikit-dikit lah. Kali ni mau bahas soal bandingan performa motor jaman taun 90 an kontra jaman 2010 an ke atas.. hehe udah tiga kali sensus penduduk ye..

Sedikit awalan kalo jaman 90 an mesin 2 tak masih pada digandrungi, semenjak ada isu global warming mulai beralih ke 4 tak. maklum mesin 2 tak atau 2 langkah ga ramah lingkungan, asapnya banyak. Disini cuma mau bandingin performa doank terutama tenaga yang dihasilkan mesin plus sekencang apa mampu berlari. Merek motor diabaikan, plus kapasitas mesin rada-rada beda dikit diabaikan juga.

Saya ambil sampel motor keluaran tahun 1990, weh.. belum genap umur saya setaon waktu itu. Motor keluaran pabrikan Suzuki bermesin 2 langkah dengan nama Suzuki Crystal! kapasitas mesinnya 110 cc. Untuk generasi di atas 2010 saya ambil Honda Supra X FI keluaran 2014, kubrikasi mesinnya 125 cc. Tampangnya sila cek piktur di bawah..
Honda Supra X 125 FI bermesin 4 tak keluaran 2014

Suzuki Crystal 110 cc bermesin 2 tak keluaran 1990

































Oke deh langsung aja kita bandingin powernya Suzi Crystal 110 cc 2 tak mampu memuntahkan power 12 PS alias 12 Tenaga kuda atau Horse Power. larinya nyampe 120 km/h. ini versi standarnya lho..referensinya dari blog tetangga sebelah.
Trus tengok situs resmi pabrikan Honda, terlihat Supra X 125 FI mengeluarkan daya maksimumnya sebesar 10.1 HP. Masih kalah ama motor jadul keluaran taon 90 an yang biasa dihina dengan sebutan jetkolet, ditempat saya orang nyebutnya gitu lo. untuk urusan top speed 113 km/h.

Tapi masing2 tentu punya kekurangan dan kelebihan. Mesin 2 tak emang terkenal sangar, responsif dan kuencengg. Tau mungkin Yamaha RX-King, Suzi Satria 120 lawas bermesin 2 tak yang sekarang digantiin generasi Suzi Satria FU 150 4 tak. Trus ada yamaha F1ZR 110 atau dikenal poswan..hehe..padahal yang bener tu Force One. Motor-motor ini memang dikenal sebagai motor yang jambakannya sangar plus kenceng. Ada satu lagi Ninja 2 tak 150 cc. Ciri khas mesin 2 tak lainnya ialah bersuara nyaring bernada tinggi. kalo 4 tak suaranya ngeBass..

Tapi dibalik itu mesin 2 tak punya kekurangan dibanding mesin 4 tak. Dari segi ramah lingkungannya. 4 tak tentu lebih ramah lingkungan dibanding 2 tak yang polusi asapnya lebih banyak. Semenjak ada isu global warming, mulailah toleransi buat mesin 2 tak dicabut perlahan-lahan. Selain itu mesin 2 tak juga boros BBM dibanding 4 tak. Belum lagi 2 tak juga ada oli sampingnya. Hingga saat ini di indonesia bahkan di dunia pabrikan rame rame setop produksi mesin 2 tak kecuali buat keperluan khusus. Di indonesia sendiri motor 2 tak terakhir yang diproduksi adalah Ninja 150 dari pabrikan Kawasaki dan produksinya udah disetop 2014 ini. Bahkan ajang balap motogp udah pake mesin 4 tak sejak beberapa tahun lalu.

So, intinya karena perubahan jaman motor 2 tak tergusur dari tahtanya. Disertai dengan kesadaran akan ramah lingkungan yang meningkat dalam masyarakat permotoran. Gitulah ceritanya, sekarang jalanan lebih banyak motor bersuara ngeBass daripada yang bernada tinggi.

Referensi:
http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/new-supra-x-125-fi/
http://dwinugros.wordpress.com/2010/11/15/suzuki-crystal-110-riwayatmu-kini/
http://news.motorplus-online.com/read/1iwpIbKDjsTaUoLKd4q9lBavmach4SLuTyYchsnmsHI/4/0/Tes-Akselerasi-Honda-Supra-X125-Helm-in-dan-New-Supra-X125-FI-Hasilnya-Beda-Atas-Bawah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar