Laman

Jumat, 27 September 2013

PEmbuka CakRawala??

Jalanan itu bukan hanya diisi para pengemis, orang terdidik pun ada. Saya bukan menyindir atau pun menghina, tapi ini kenyataan. Cobalah lihat kalau tidak percaya. Betapa banyak pengangguran yang berstatus mantan mahasiswa. Demikian katanya. Ini sedikit fiksi sebagai pengantar.

Malam ini mendengar diskusi seorang tamu di kosan dengan mantan mahasiswa yang baru diwisuda, omongannya terkait apa rencana setelah selesai kuliah ini. Disela-sela diskusi dia menyampaikan kuliah S1 itu untuk membuka cakrawala, cakrawala apa yang dimaksud. Saya juga tidak tahu.

Saya mengiyakan apa yang disampaikan karena apa yang dimaksud sesuai juga dengan pemikiran saya. Setelah selesai studi di kampus tentu akan segera mencari pekerjaan. Dan rata-rata memang seperti apa yang akan dilakukan oleh mahasiswa yang baru saja lulus dari S1-nya. Namun masalahnya untuk mendapatkan pekerjaan itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh perjuangan dan musti ikut persaingan yang ketat.

Ambil saja contoh jika ikut tes PNS, bandingkan jumlah yang akan ikut dengan jumlah pos yang akan diisi, peluang untuk diterima tentu tidak banyak. Disanalah fungsi kampus sebagai pembuka cakrawala itu berperan. Butuh pemikiran yang kreatif untuk menciptakan peluang minimal untuk diri sendiri dan bagus sekali bila sanggup memberi peluang untuk orang lain.


Untuk menciptakan peluang buat diri sendiri itu tentu butuh perjuangan juga. So, selamat berjuang buat para wisudawan...saya segera menyusul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar